aplikasi

















BUKU MANUAL

APLIKASI MUP


VERSI 2.5
























DAFTAR ISI
Halaman











Ket : Untuk mempercepat masuk kehalaman tekan Ctrl+Klik didaftar isi
















PENDAHULUAN


            Aplikasi pembayaran rekening listrik berguna untuk melayani pembayaran rekening listrik oleh pelanggan di loket PLN.  Berbeda dengan system yang lama, system baru ini menggunakan proses data terpusat Client – Server bersifat online, dimana data pembayaran terpusat di server yang ada di DPP Terpusat yang berada di Bandung (PLN Pusat), sedangkan system yang lama data di Drop ke tempat – tempat pembayaran atau PP dan setiap akhir transaksi petugas harus mencocokkan data pelunasan harian ke kantor AP (Area Pelayanan). Tujuan Penggunaan system online adalah untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan mempermudah validasi data pelunasan harian.



















CARA PENGOPERASIAN
APLIKASI TRANSAKSI MUP 2.5

1.         CARA MENJALANKAN APLIKASI MUP 2.5

Pada saat aplikasi OPTIMA dijalankan pertama kali, maka akan muncul tampilan menu login seperti gambar dibawah ini:


 














Gambar 1. Jendela Menu Login

Anda diminta untuk mengisi ID Petugas dan Password, isikan ID petugas dan password yang telah didaftarkan, jika anda belum memiliki ID petugas, mintalah kepada administrator untuk membuatkannya.
CATATAN:
ID Petugas dan Password adalah salah satu jenis keamanan sebelum masuk ke aplikasi RTM, kombinasi isian keduanya perlu diperhatikan, karena jika anda salah memasukkan salah satunya, maka anda tidak bisa login. Perlu diingat pada saat login posisi Caps Lock dalam Keyboard harus pada keadaan mati. Apabila anda berhasil login, maka akan muncul jendela konfirmasi sebagai berikut:
 





Gambar 2. Informasi jika Login berhasil.

CATATAN
Didalam melakukan Login perlu diperhatikan pesan-pesan kesalahan apabila anda memasukan user serta password tidak sesuai dengan data yang sudah didaftarkan ke aplikasi server :
1.1      Kesalahan apabila anda memasukan user dan password tidak sesuai dengan data yang terdaftar maka akan muncul tampilan peringatan.




Gambar 3. Informasi kesalahan pengisian kolom Login

1.2.        Apabila anda melakukan login akan tetapi jaringan sedang terganggu maka akan muncul konfirmasi


 








Gambar 4. Informasi Gangguan Pada Jaringan

2.         MENU UTAMA

Setelah berhasil login anda akan masuk ke dalam Menu Utama, (catatan: apabila belum melakukan Update aplikasi maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini, maka disarankan untuk melakukan update Aplikasi dengan menekan tombol yes)

2.1      Aplikasi yang belum Update



 
















Gambar 5. Informasi Aplikasi yang belum Update








2.2      Aplikasi yang sudah Update



 
















Gambar 6. Informasi Aplikasi yang sudah Update













3.         MENU PEMBAYARAN

Menu Pembayaran terdiri dari:

3.1.     Pembayaran Listrik PLN (P2APST)


Rounded Rectangular Callout: 7Rounded Rectangular Callout: 6Rounded Rectangular Callout: 4Rounded Rectangular Callout: 5Rounded Rectangular Callout: 2Rounded Rectangular Callout: 3Rounded Rectangular Callout: 1

Gambar 7. Tampilan Menu Pembayaran
Keterangan:
1.     Klik pada Menu Pembayaran Listrik PLN (P2APST) untuk Pembayaran Rekening Listrik
2.     Klik pada Menu Pembayaran Bayar Banyak untuk Pembayaran Rekening dalam jumlah yang banyak atau kolektif
3.     Klik pada Menu Pembayaran PDAM untuk Pembayaran Rekening Air
4.     Hubungi Helpdesk melalui Yahoo Messenger untuk informasi Transaksi
5.     Perhatikan Pesan Switching
6.     Saldo Deposit Payment Point
7.     Informasi Transaksi Harian


3.1.1   ENTRY PEMBAYARAN REKENING LISTRIK
Menu Entry Pembayaran terdiri dari :
a)     Menu POSTPAID adalah Jenis pelanggan Pasca Bayar
b)     Menu PREPAID adalah Jenis Pelanggan Prabayar
c)      Menu NON TAGIHAN LISTRIK adalah Jenis Pelanggan pasang baru atau Menambah Daya
d)     CETAK ULANG adalah untuk mencetak ulang rekening yang gagal/rusak

a)           Menu POSTPAID


 























Gambar 8. Tampilan Menu Layanan Pembayaran Tagihan POSTPAID PLN


Rounded Rectangular Callout: 1Rounded Rectangular Callout: 6 Rounded Rectangular Callout: 4Rounded Rectangular Callout: 5Rounded Rectangular Callout: 3Rounded Rectangular Callout: 2Rounded Rectangular Callout: 7

Gambar 9. Tampilan langkah – langkah Proses pembayaran POSTPAID PLN

Langkah-langkah Proses Pembayaran POSTPAID PLN:
  1. Masukan ID Pelanggan
  2. Klik tombol Proses atau Enter
  3. Sebutkan nominal Total Tagihan kepada pelanggan
  4. Klik tombol Batal apabila Pelanggan tidak ingin melakukan pembayaran
  5. Masukkan nominal lebih besar atau sama dengan Total Tagihan apabila Pelanggan ingin melakukan pembayaran
  6. Klik tombol cetak rekening
  7. Klik Yes untuk melanjutkan Cetak Rekening


Gambar 10. Informasi Pelanggan sudah Lunas.
Rounded Rectangular Callout: Total Tagihan yang diinformasikan kepada pelangganRounded Rectangular Callout: Admin Bank untuk 2 bulanRounded Rectangular Callout: Rp Tagihan sudah termasuk biaya keterlambatanRounded Rectangular Callout: Jika Pelanggan Mempunyai Tunggakan lebih dari 1 bulan, maka akan muncul seperti ini

Gambar 11. Informasi Detail Rekening Listrik Dalam Menu Pembayaran
POSTPAID PLN























b)     Menu PREPAID


Gambar 12. Tampilan Menu Layanan Pembayaran Tagihan POSTPAID PLN










Rounded Rectangular Callout: 1Rounded Rectangular Callout: 6Rounded Rectangular Callout: 5Rounded Rectangular Callout: 4Rounded Rectangular Callout: 7Rounded Rectangular Callout: 8Rounded Rectangular Callout: 3Rounded Rectangular Callout: 2

Gambar 13. Tampilan Langkah – langkah Proses Pembayaran PREPAID PLN

Langkah-langkah Proses Pembayaran Prepaid PLN
1.    Pilih Jenis Masukkan Prepaid
  1. Pilih berdasarkan No Meter apabila Pelanggan membawa No Meter
  2. Pilih berdasarkan ID Pelanggan apabila Pelanggan membawa ID Pelanggan
2.    Masukkan No Meter atau ID Pelanggan
3.    Klik Tombol Proses atau Enter
4.    Pilih Jenis Pembelian
  1. Pilih Beli Token Baru sesuai permintaan Nominal pelanggan
  2. Pilih Beli Tersedia apabila Pelanggan membeli token yang telah disediakan oleh PLN
5.    Masukan Nominal yang di inginkan oleh pelanggan
6.    Klik tombol Batal apabila pelanggan menggagalkan pembayaran
7.    Klik Tombol Cetak Rekening
8.    Klik Yes untuk melanjutkan Cetak Rekening
9.    Klik No jika ingin membatalkan
10. Dipastikan pelanggan dananya mencukupi
11. Rekening yang sudah tercetak tidak bisa dibatalkan

c)      Menu NON TAGIHAN LISTRIK


Gambar 14. Tampilan Menu Layanan Pembayaran Tagihan NON TAGIHAN LISTRIK PLN

















Rounded Rectangular Callout: 6Rounded Rectangular Callout: 3Rounded Rectangular Callout: 1Rounded Rectangular Callout: 7Rounded Rectangular Callout: 5Rounded Rectangular Callout: 4Rounded Rectangular Callout: 2

Gambar 15. Tampilan Langkah – langkah Proses Pembayaran NON TAGIHAN LISTRIK PLN


Keterangan:
1.     Masukkan No Referensi
2.     Klik Proses/Enter
3.     Sebutkan nominal Total Tagihan kepada pelanggan
4.     Masukkan nominal lebih besar atau sama dengan Total Tagihan apabila Pelanggan ingin melakukan pembayaran
5.     Klik tombol Batal apabila Pelanggan tidak ingin melakukan pembayaran
6.     Klik tombol cetak rekening
7.     Klik Yes untuk melanjutkan Cetak Rekening
8.     Klik No jika ingin membatalkan
9.     Dipastikan pelanggan dananya mencukupi
10.  Rekening yang sudah tercetak tidak bisa dibatalkan



Rounded Rectangular Callout: Tidak dikenakan biaya AdminRounded Rectangular Callout: Untuk penyambungan baru ID Pelanggan masih belum terdaftar sehingga hasilnya angka nol sebnyak 12 digit

Gambar 15. Informasi Detail Rekening Listrik Dalam Menu Pembayaran
NON TAGIHAN LISTRIK PLN





Gambar 15. Tampilan Menu Cetak Ulang

Keterangan:
1.     Jika ingin melakukan cetak Ulang Postpaid, pada menu Cetak Ulang Struk, klik POSTPAID dan masukkan ID Pel lalu klik Proses atau Enter kemudian klik tombol Cetak Ulang
2.     Jika ingin melakukan cetak Ulang Prepaid, pada menu Cetak Ulang Struk, klik PREPAID dan masukkan No Meter lalu klik Proses atau Enter kemudian klik tombol Cetak Ulang
3.     Jika ingin melakukan cetak Ulang Non Tagihan Listrik, pada menu Cetak Ulang Struk, klik NON TAGIHAN LISTRIK dan masukkan No Referensi  lalu klik Proses atau Enter kemudian klik tombol Cetak Ulang








4.     INFORMASI PESAN ERROR (RC)

Pesan Error adalah kesalahan dalam melakukan Proses, dalam hal ini adalah saat melakukan Proses Transaksi Pembayaran Rekening Listrik pada aplikasi MUP, yang terdiri dari:
1.    RC 12 yaitu Login gagal, Petugas tidak Valid (pastikan ID Petugas yang anda masukkan benar)
2.    RC 13 yaitu Aplikasi Server mengalami gangguan (segera hubungi Helpdesk Jatelindo)
3.    RC 14 yaitu ID Pelanggan yang anda masukkan salah, mohon teliti kembali (pastikan ID Pelanggan yang anda masukkan benar)
4.    RC 18 yaitu Aplikasi Server Time Out (segera hubungi Helpdesk Jatelindo)
5.    RC 34 yaitu Transaksi sudah lunas
6.    RC 61 yaitu Deposit tidak mencukupi untuk pembayaran ini (pastikan Deposit mencukupi dan segera hubungi Mitra)
7.    RC 64 yaitu Duplicate melebihi batas yang ditentukan (segera hubungi Helpdesk Jatelindo)
8.    RC 65 yaitu Duplicate tidak dilakukan dalam terminal ini (segera hubungi Helpdesk Jatelindo)
9.    RC 75 yaitu Pembelian Minimal Rp. 20 Ribu, Maksimal Rp. 1 Juta (untuk transaksi Prepaid)
10. RC 76 yaitu Saldo anda tidak mencukupi (pastikan memasukkan nominal dengan jumlah yang benar)
11. RC 77 yaitu No Meter yang anda masukkan salah, mohon teliti kembali (pastikan No Meter yang anda masukkan benar)
12. RC 78 yaitu Error lain, silahkan hubungi Switcher (segera hubungi Helpdesk Jatelindo)

5.     HELPDESK

Untuk informasi mengenai transaksi silahkan hubungi Helpdesk Jatelindo:
Phone                 : 021 23788166
                               021 96885650
Mobile                 : 087875272532
                               081284139578
                               085890348563
                              

0 komentar:

Posting Komentar